Friday, October 2, 2009

Penangan Pertama Gigitan Anjing,Kucing dan Kera





Hal yang pertama dilakukan pada kasus gigitan anjing adalah melakukan cuci luka. Pencucian luka dilakukan dengan membuat larutan air sabun terlebih dahulu, untuk selanjutnya dilakukan pencucian menggunakan kain tipis atau kain lap bersih(sebaiknya kasa steril, jika ada) dengan menggunakan larutan air sabun yg telah dibuat tadi. Cucilah luka selama minimal 15 menit, untuk selanjutnya dibawa ke tempat pelayanan kesehatan terdekat (mis:puskesmas/RS) untuk mendapatkan VAR(Vaksin Anti-Rabies)
- Kenapa mencuci dg air sabun ? karena virus rabies tersebut memiliki membran yg notabene mengandung lemak, sehingga dengan pencucian larutan air sabun(emulgator), diharapkan bisa menghancurkan membran sang virus rabies.
- Emulgator : Zat untuk membuat emulsi yang stabil antara minyak(lemak) dan air, sesuai kasus diatas
- Berapa kali VAR di berikan ? Di berikan 4 kali suntikan(3 kali kunjungan) di otot lengan atas dengan rentang waktu 3 minggu, yaitu:
I. Kunjungan pertama (segera setelah tergigit anjing) : 2 (dua) kali suntikan, di otot lengan atas kiri dan di lengan atas kanan.
II. Kunjungan kedua (hari ke-7/1 minggu setelah Kunjungan Pertama) : 1 (satu)suntikan di lengan atas kanan atau kiri.
III. Kunjungan ketiga (hari ke-21/3 minggu setelah kunjungan pertama/2 minggu setelah kunjungan kedua) : 1 (satu) suntikan di lengan atas kanan atau kiri.
Note : Jika luka gigitan cukup lebar sebaiknya dilakukan jahitan kondisional oleh dokter yg merawat, itupun jahitan luka jangan dibuat kencang atau terlalu rapat Sekian, Terima Kasih




Salam

2 comments:

Anonymous said...

kalau di gigit si bajingseng e kui pie dap?

Anonymous said...

klo yang gigit bajing-jang2 gmana dok? diapain tuh?